Thursday, December 4, 2008

Ujian CPNS is coming, help...

Ikut ujian CPNS? Hmm, kayaknya hampir semua orang di Indonesia pernah mengikutinya. Beberapa bulan yang lalu aku ikut ujian saringan masuk CPNS Departemen Keuangan
Aku pernah menjadi peserta yang duduk diantara puluhribuan orang yang selama dua jam mengerjakan soal-soal yang terdiri dari soal pengetahuan umum, logika (matematika/aljabar) dan bahasa yang jumlahnya sekitar ratusan. Lulus? Nggak. Well, sebetulnya aku juga nggak terlalu berharap untuk lulus-lolos?-ujian karena soal matematikanya susah, belum lagi jumlah peserta yang luar biasa banyak-dan ditampung di GELORA BUNG KARNO- sehingga persaingan pun sangat KETAT.

Aku lulus tahun 2006 dan alhamdulilah langsung diterima kerja di suatu lembaga pendidikan di Depok. Karena aku terikat kontrak, dari tahun 2006 hingga pertengahan 2008, aku fokus bekerja disana dan nggak kepikiran sama sekali untuk ikut ujian CPNS. Sampai suatu hari ibuku berkata "Vi, bentar lagi kontrak kan beres, mulai ikut tes-tes CPNS ya.."
"Iya Ma" akupun menjawab sekenanya.

Kenapa aku menjawab sekenanya? Karena aku tidak begitu tertarik untuk menjadi PNS. Tapi kalau aku bilang bahwa aku tidak berminat, mungkin aku akan dibilang orang yang sombong. Padahal belum tentu juga kerjaan aku yang sekarang akan menjamin masa depanku.

Menurutku, ada beberapa keuntungan dan kerugian menjadi PNS. Dan kerugian nya lah yang menyebabkna aku kurang berminat menjadi pelayan negeri tersebut.

Keuntungan
1. Gaji pasti
2. Kenaikan pangkat/karir pasti
3. Pasti dapet Dana Pensiun
4. Lebih santai karena tidak diawasi dengan ketat
5. Mendapat fasilitas-fasilitas yang hanya PNS miliki
6. Bisa pinjem uang ke Koperasi
7. Proses peminjaman uang ke Bank lebih mudah dibandingkan menjadi pegawai swasta (yang tidak tetap dan memiliki gaji tidak tetap)

Kerugian

Karena kurangnya pengawasan dan adanya kepastian akan karir dan gaji, hal inilah yang aku takutkan akan membuatku malas, tidak dedicated, dan akhirnya tidak berkembang secara intelektual.


Apakah aku terlalu membesar-besarkan? Apakah kita masih bisa mempertimbangkan dan mempertanyakan minat apa yang kita miliki dalam mengikuti tes-tes CPNS?
Ah, mungkin menjadi PNS tidaklah seburuk itu asalkan kita memilih bidang yang benar-benar kita sukai dan kuasai.
Masalahnya adalah, aku sudah terlanjur mendaftar untuk tes masuk CPNS guru SMA di daerahku tinggal (Kabupaten pula) atas saran orangtua. Apakah aku mau jadi Guru SMA? The truth is: NO.
Apakah sebaiknya aku ikuti saja ujian itu meskipun hati berkata tidak? (Memang sih, belum tentu juga lolos. tapi kalau lolos gimana?)

FACT: The test is going to be held on this Sunday.

Any suggestion? Help...

1 comment:

novi said...

Sebaiknya sholat hajat, berdo'a agar dimudahkan ujuiannya. I wish you all the best my sweet friend